5 Perlengkapan Yang Wajib Anda Bawa Saat Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan kegiatan petualangan yang sangat menantang. Tetapi banyak hal yang harus dipikirkan sebelum anda melakukan pendakian mulai dari waktu, fisik, mental, bekal, track yang mau dilalui dan kemungkinan kemungkinan yang akan terjadi.

Salah satu yang harus diperhatikan saat mendaki gunung adalah perlengkapan yang wajib dibawa. Jangan sampai karena anda lupa membawa beberapa peralatan bisa membuat kesalahan fatal yang merugikan anda. Berikut ini adalah peralatan yang wajib dibawa saat anda mendaki gunung.

1. Tas Ransel

Tas ransel adalah peralatan yang wajib dibawa nomer satu dan tidak boleh dianggap sepele. Pilihlah tas yang benar benar kuat, menampung semua peralatan yang dibawa dan yang pasti bermutu.

Beberapa barang yang wajib dimasukkan tas ransel sebelum melakukan pendakian adalah logistik, tenda, P3K, peralatan camping dll. Maka dari itu pilihlah tas ransel yang kuat tapi tidak menyulitkan anda saat membawanya.

2. Sepatu

Siapa yang tidak tahu fungsi sepatu? Fungsi sepatu sebagai pelindung kaki dari bermacam macam bahaya seperti duri, batu, dan lain lain. Sepatu sendiri ada beberapa kegunaan menurut fungsinya salah satunya sepatu untuk mendaki gunung.

Apabila anda akan mendaki gunung sebaiknya pilihlah sepatu yang kuat, tidak licin, tahan air, anti robek dan nyaman saat dipakai.

3. Perlengkapan Camping

Peralatan Camping merupakan barang yang wajib dibawa dan usahakan peralatan camping bisa dimasukkan kedalam tas supaya tidak merepotkan anda saat membawanya. Bawalah peralatan camping yang sesuai keubutahan anda dan seucukupnya.

Beberapa peralatan camping yang wajib anda bawa antara lain senter, air minum, tenda, sleeping bag, matras, peralatan keselamatan P3K, peralatan makan, makanan dan pakaian yang anda butuhkan.

4. Tenda

Tenda adalah tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya menutupi yang melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung. Tenda merupakan barang yang wajib dibawa saat mendaki.

Pilihlah tenda yang sesuai kebutuhan anda seperti ukuran tenda, kekuatan tenda dan fungsi tenda yang akan pakai. jangan sampai anda salah dalam memilih karena tenda sebagai pelindung anda saat istirahat dan tempat berteduh saat melakukan pendakian.

5. Logistik

Perlengkapan yang terakhir dan tidak kalah pentingnya saat mendaki adalah logistik. Usahakan dalam membawa logistik yang cukup dan bila perlu lebih. Jangan sampai anda saat mendaki kekurangan logistik yang mengakibatkan kelaparan dan berkurangnya tenaga.

Beberapa hal yang harus dibawa seperti beras, mie instan, lauk pauk, minuman seperti air putih, kopi, susu, teh, dll

Itulah beberapa peralatan yang wajib dibawa sebelum anda melakukan pendakian gunung. Periksalah sebelum anda berangkat, jangan sampai karena kurangnya peralatan yang anda bawa membahayakan diri anda di perjalanan.

0 Response to "5 Perlengkapan Yang Wajib Anda Bawa Saat Mendaki Gunung"

Post a Comment