Wow! Suhu Kutub Selatan Hampir Sama Dengan Suhu Di Kota Malang


Benua Antartika atau biasa disebut kutub selatan adalah benua yang termasuk paling dingin di muka bumi, tetapi anggapan itu sepertinya terpatahkan pada minggu lalu.

Berdasarkan pantauan dari pusat penelitian Esperanza di Argentina, suhu dibagian utara benua antartika mencatatkan rekor terpanasnya, yaitu 17,5 derajat Celcius. Suhu tersebut hampir sama dengna suhu terdinginnya kota yang berada di indonesia. Malang pernah mencatatkan suhu terdinginnya mencapai 18 derajat Celcius.

Menurut tulisan Dr. Jeff Master di situs Weather Underground, suhu panas menyengat di Antartika disebabkan oleh aliran udara panas yang berasal dari Amerika Selatan.

Rekor suhu terpanas di Antartika adalah sesuatu yang langka. Fenomena ini disebabkan oleh pusaran udara 'jet' di semenanjung Antartika. Pusaran itulah yang menarik udara panas Amerika Selatan masuk ke Antartika," tulis Dr. Jeff, Daily Mail (02/04).


Sebelumnya, suhu terpanas di Antartika pernah tercatatkan tanggal 24 April tahun 1961. Ketika itu suhu Antartika mencapai 17,1 derajat Celcius. Mengingat ini bulan yang sama dengan rekor suhu sebelumnya, bukan tidak mustahil bila Kutub Selatan akan sekali lagi sepanas kota Malang.

0 Response to "Wow! Suhu Kutub Selatan Hampir Sama Dengan Suhu Di Kota Malang"

Post a Comment