7 Monumen Bersejarah Yang Ada Di Indonesia

Indonesia kaya akan bangunan dengan nilai sejarah yang terkandung didalamnya. Banyak bangunan, monumen, atau menara yang dibangun dengan perjuangan yang wajib anda lesatarikan.

Jika anda berkunjung ke beberapa kota di Indonesia pasti akan terdapat monumen sejarah di kota tersebut. Hampir setiap kota terdapat bangunan sejarahnya. Berikut ini adalah 7  monumen bersejarah yang ada di Indonesia yang wajib anda ketahui.

1. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau yang biasa disebut Monas ini terdapat di ibukota Jakarta merupakan salah satu bangunan bersejarah yang terdapat di Ibukota. Monumen dengan ketinggian 132 meter (433 kaki) ini didirikan untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang memperebutkan kemerdekaan dari pemerintah Hindia - Belanda
Pembangunan Monas dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 diperintahkan langsung oleh presiden Ir. Soekarno dan dibuka untuk umum 12 Juli 1975. Monumen ini dilapisi emas sebagai mahkota yang bertujuan untuk mengenang semangat perjuangan yang menyala

2. Tugu Khatulistiwa

Kalimantan Barat juga mempunyai monumen bersejarah yaitu Tugu Khatulistiwa atau yang biasa disebut Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara. Tugu ini menjadi salah satu ikon kota wisata Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat.

Keistimewaan Tugu Khatulistiwa ada pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, dimana anda dapat menemukan peristiwa titik kulminasi Matahari yang terjadi setahun dua kali yang merupakan fenomena alam ketika matahari berada diatas garis khatulistiwa

3. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan bangunan bersejarah yang ada di kota Surabaya. Monumen ini memiliki tinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas yang mengartikan peristiwa 10 November 1945

Tugu Pahlawan dibangun untuk mengenang para pahlawan dan arek arek Suroboyo berjuang mempertahankan kemerdekaan dari sekutu pada tanggal 10 November 1945 dan dijadikan hari pahlawan nasional

4. Monumen Van der Wijck

Monumen Van der Wijck merupakan bangunan yang dibangun pemerintah Hindia Belanda untuk mengenang pada 28 Oktober 1936 di pesisir utara Jawa, tepatnya di perairan Brondong, dimana kapal Belanda Van der Vijck tenggelam.

Monumen ini dibangun di halaman Kantor Pelabuhan Brondong (bagian wilayah kabupaten Lamongan) dan didirikan atas jasa nelayan brondong sebagai ungkapan terimakasihnya karena telah menyelamatkan para awak kapal dan penumpang yang tenggalam pada tahun 1936.

5. Menara Jam Gadang

jam Gadang atau Jam Raksasa ini merupakan bangunan bersejarah yang terdapat di kota Bukit tinggi, sumatera Barat. Pada tahun 1926 pemerintah Belanda membangun jam Gadang dengan denah dasar (bangunan tapak berikut tangga yang menghadap ke arah Pasar Atas) dari Jam Gadang ini adalah 13x4 meter, sedangkan tingginya 26 meter.

Menara jam ini sudah mengalami beberapa kali perubahan bentuk pada bagian puncaknya. Konon pria Jerman yang membuat jam Gadang hanya membuat dua mesin jam sebesar itu dan kembarannya berada di Menara Big Ben, London, Inggris.

6. Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api merupakan salah satu bangunan bersejarah dan ikon kota Bandung. Monumen dengan tinggi 45 meter ini memiliki 9 sisi dan berada di tengah-tengah kota yaitu terletak di kawasan Lapangan Tegallega.

Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api, dimana terjadi pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha dan menjadi salah satu perhatian masyarakat Bandung untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api.

7. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi atau Tugu Petir adalah tugu peringatan proklamasi kemerdekaan RI. Tugu Proklamasi berdiri di tanah lapang kompleks Taman Proklamasi di Jl. Proklamasi (dahulunya disebut Jl. Pegangsaan Timur No. 56), Jakarta Pusat.

Tugu Proklamasi ini didirikan untuk mengenang detik detik proklamasi yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada kompleks ini juga terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan, mirip dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan.

Disamping Monumen atau Menara bersejarah diatas tentu masih banyak monumen bersejarah yang terdapat di Indonesia sebagai ikon kota tersebut atau sebagai nilai bersejarah yang wajib kita ketahui

0 Response to "7 Monumen Bersejarah Yang Ada Di Indonesia"

Post a Comment