6 Penyebab Sering Terjadinya Mimpi Buruk


Sering mimpi buruk di tengah malam? Saat kamu lagi tidur dengan lelapnya? Mimpi memang menjadi bunga tidur indah yang membuat tidur semakin lelap, tetapi bagaimana jika kalau mimpinya mengerikan yang dapat membuat kita terbangun seperti mimpi dikejar setan atau memergoki pasangan kita sedang selingkuh.

Selain ganggu waktu tidur kita, ternyata mimpi buruk memiliki dapat mempengaruhi kesahatan kita jika terjadi secara rutin, seperti penyakit jantung, obesitas atau depresi. Ternyata mimpi buruk bisa terjadi akibat beberapa aktivitas yang kita lakukan sebelum menjelang tidur. Berikut ini kami ingin mengungkapkan aktivitas - aktivitas yang dapat menyebabkan mimpi buruk terjadi.
 

1. Sedang Sakit

Saat anda sedang sakit seperti flu, batuk, demam dan lain sebagainya. Mungkin yang dirasakan malas untuk melakukan aktivitas apapun atau bisa meyebabkan anda mengalami mimpir buruk secara terus menerus.

Disaat sedang sakit, secara tidak langsung suhu badan akan meningkat secara drastis dan membuat kita mengalami gangguan tidur yang memicu datangnya mimpi buruk sehingga merasa seperti mengerikan.

2. Makanan Pedas

Mungkin banyak orang yang meyukai makanan pedas saat malam hari, sebaiknya kebiasaan ini anda hilangkan karena bisa jadi menjadi penyebab mimpi buruk tidurmu. Studi menunjukkan bahwa makanan yang mengganggu pencernaan seperti makanan pedas akan meningkatkan temperatur tubuh  dan mengganggu waktu tidur.

Untuk itu tidak disarankan makan disaat sebelum tidur, sebab akan meningkatkan metabolisme dan aktivitas otak. Dianjurkan setelah makan jangan langsung tidur.

3. Minuman Alkohol

Minuman alkohol sangat tidak baik bagi kesehatan karena karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti jantung, ginjal, dll. Selain itu alkohol mengandung bahan yang bersifat antidepresi dan bisa membuat anda tertidur dalam janga pendek atau hilangnya kesadaran otak.

Seringnya mengkonsumsi alkohol juga dapat memicu timbulnya mimpi buruk. Lebih baik mengkonsumsi air putih sebelum tidur karena lebih banyak manfaatnya bagi kesehatan daripada mengkonsumsi minuman alkohol.

4. Makanan Berlemak

Selain makanan pedas, ternyata makanan berlemak juga dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak dan mimpi buruk. Beberapa penelitian menunjukkan sering mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemaknya dapat mengakibatkan kualitas tidur semakin berkurang.

Disarankan lebih baik mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak seperti sayur sayuran rendah daripada memakan junk food. Kelebihan dari makanan sayur sayuran baik bagi tubuh dan juga dapat mengurangi anda mengalami mimpi buruk.

5. Obat - Obatan

Salah satu yang wajib dijauhi agar tidak sering megalami mimpi buruk adalah obat - obatan seperti narkotika dan barbiturat Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal Psychopharmacology, diungkapkan bahwa ketamin obat yang digunakan dalam anestesi akan membuat kamu tidak nyaman untuk tidur sehingga mengakibatkan mimpi buruk.

Selain obat -  obatan dapat menyebabkan mimpi buruk ternyata ada yang dapat mengakibatkan fungsi otak menurun, tingkat kesadaran berkurang dan cenderung kearah tingkat kriminal.

6. Rasa Cemas dan Setres

Anda pasti pernah mengalami perasaan cemas dan stress, biasanya dikarenakan kejadian traumatik kejadian masa lalu. Mungkin anda pernah mengalami mimpi buruk setelah menyaksikan kejadian seperti kecelakaan atau kehilangan orang yang dicintai.

Ternyata traumatik terhadap kejadian - kejadian seperti mengerikan bisa mempengaruhi tidur anda dan terjadinya mimpi buruk. Selain traumatik ternyata stress banyak pikiran seperti keungan, hati, dll dapat mengakibatkan mimpi buruk.

Dari beberapa faktor diatas pasti pernah tanpa di sadari kita lakukan yang mengakibatkan kualitas tidur anda kurang baik dan menyebabkan mimpi buruk. Untuk itu ada baiknya kita mengurangi faktor faktor diatas. Baca Juga 6 Cara Alami Untuk Tetap Awet Muda

Tags : Mimpi Buruk

0 Response to "6 Penyebab Sering Terjadinya Mimpi Buruk"

Post a Comment