Buah Buahan Yang Baik Dikonsumsi Saat Bulan ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti dan diminati bagi seluruh umat muslim diseluruh dunia. Selama menjalani ibadah puasa tubuh sangat membutuhkan nutrisi dan vitamin yang mampu menyimpan energy, jangan sampai terserang penyakit saat menjalani ibadah puasa seperti maag, pusing, kadar gula, dll.

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan nutrisi agar stamina tetap terjaga. Ada beberapa pilihan menu untuk menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi buah. Berikut ini beberapa buah yang baik dikonsumsi pada saat bulan ramadhan.

1. Kurma

Kurma adalah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi saat bulan ramadhan saat berbuka puasa atau sahur karena kandungan glukosa pada kurma mudah diserap oleh tubuh dan menghasilkan banyak energy.


Di dalam buah kurma mengandung vitamin A, thiamin, riboflavin dan zat besi. Riboflavin dan niasin membantu melepas energy dari karbohidrat, sedangkan vitamin A berperan aktif dalam memelihara kulit sehat. Kurma juga mengandung mineral, magnesium dan kalium yang baik bagi kinerja tubuh.

2. Pisang

Pisang adalah buah yang paling banyak dijumpai dimana saja karena  buah ini tidak tergantung pada musimnya. Hampir setiap hari kita memakan buah pisang yang merupakan buah asli dari indonesia dan banyak ditemui dipasar.

Pisang ternyata baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena mengandung kalium, magnesium, karbohidrat dan mineral. Pisang juga mengandung potasium yang baik dalam aktivitas otot jantung dan metabolisme tubuh, sodaium rendah untuk mengurangi resiko darah tinggi dan daging buah yang lembut berfungsi untuk melapisi dinding lambung dan usus serata menjadi lapisan anti radang.

3. Blewah

Blewah adalah salah satu buah yang bagus dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur karena banyak mengandung vitamin yang dijadikan energy untuk menjaga daya tahan tubuh saat menjalani ibadah puasa.

Blewah memiliki kandungan pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng, dan krom didalamnya, sehingga blewah sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan jaringan usus dan mampu menjaga energy pada tubuh. Gula alami dan enzim yang terkandung dalam blewah memiliki fungsi untuk penyerapan pada usus akibat makanan yang tidak terkunyah dengan baik.

4. Labu Kuning

Labu kuning merupakan buah yang hampir menyerupai blewah dalam hal bentuknya. Banyak orang yang tidak kurang tau manfaat buah labu kuning ini karena buahnya kurang manis dan kurang memiliki cita rasa seperti buah pada umumnya.

Dibalik rasa yang kurang diminati ternyata labu kuning sangat bermanfaat dikonsumsi saat bulan ramadhan karena kandungan yang dimiliki baik untuk menjaga energy seperti vitamin A dan C, kaya serat, mineral dan air yang baik bagi tubuh anda saat menjalankan puasa.

5. Leci

Salah satu buah yang cocok dikonsumsi saat bulan ramadhan adalah leci karena banyak di dalam buah leci terkadung berbagai vitamin yang baik untuk tubuh saat menjalani ibadah puasa.
Di dalam buah leci terkandung glokosa, protein, zat besi, lemak, vitamin C, fosfor dan sukrosa. Mengkonsumsi leci saat berbuka puasa dapat mengembalikan stamina sekaligus meningkatkan kekuatan fisik anda. Biasanya leci dikonsumsi dengan berbagai macam buah dicampur es.

6. Alpukat

Semua orang pasti tidak asing lagi dengan nama buah alpukat karena buah ini sangant familiar dimata masyarakat karena rasanya yang cocok untuk jus dan bermacam - macam campuran es. Ternyata buah alpukat mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh apabila dikonsumsi saat bulan puasa.

Di dalam buah alpukat vitamin A, C dan E serta alpukat mengandung protein, kalori, lemak dan minyak yang tinggi, sehingga dapat menjadi sumber energy yang melimpah yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Alpukat juga berfungsi mengurangis kadar kolesterol dan bermanfaat menjaga kelenturan otot otot anda.

Tips yang terakhir saat bulan puasa sebaiknya menghindari makan terlalu banyak saat sahur dan berbuka puasa karena untuk mencegah kelonjakan kolesterol terlalu tinggi.

Perbanyak minum air putih dan buah yang kaya akan manfaat bagi tubuh dan terutama yang manis karena rasa manis dapat diubah menjadi energy yang bagus untuk tubuh saat menjalani ibadah puasa.

0 Response to "Buah Buahan Yang Baik Dikonsumsi Saat Bulan ramadhan"

Post a Comment