7 Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang banyak menyimpan kekayaan alam, budaya, wisata, suku dan kulinernya. Disamping kekayaan wisatanya ternyata Indonesia memiliki berbagai macam makanan khas dari berbagai daerah.

Bicara tentang makanan khas Indonesia yang begitu luar biasa enaknya yang membuat makanan tersebut terkenal, bahkan banyak makanan Indonesia yang mendunia dan disukai wisatawan dunia. Berikut makanan khas dari Indonesia yang sudah mendunia.

1. Rendang

Rendang merupakan makanan khas Indonesia. Rendang berada di peringkat nomor satu makanan khas Indonesia yang mendunia bahkan menjadi kuliner terlezat di seluruh dunia pada tahun 2011. Rendang sendiri merupakan masakan tradisional daerah Minangkabau.

Rendang terbuat dari daging sapi rempah rempah sebagai bahan pokoknya. Cara pembuatan yang tidak begitu rumit dan lama menjadikan rendang sangat diminati masyarakat lokal, bahkan wisatawan asing banyak yang suka terhadap makanan khas Indonesia.

2. Sate Ayam

Sate ayam adalah makanan khas dari Indonesia yang terbuat dari daging ayam. Keunikan dalam penyajian makanan ini dengan ara dipanggang dengan menggunakan arang dan disajikan dengan pilihan bumbu kacang atau bumbu kecap. Sate ini biasanya disajikan bersama dengan lontong atau nasi.
Tidak hanya terkenal dan diminati masyarakat Indonesia saja, ternyata sate ayam juga diminati wisatawan asing yang berlibur ke Indonesia tidak lupa untuk mencicipi makanan khas satu ini. Bahkan presiden Amerka Serikat Barack Obama saat berkunjung ke Indonesia beberapa tahun lalu tidak lupa untuk suka dengan sate ayam.

3. Nasi Goreng

Nasi goreng sebagai cita rasa kuliner asli Indonesia yang mendunia. Makanan rumahan ini merupakan makanan yang cepat dan mudah disajikan. Tidak hanya masyarakat Indonesia yang suka terhadapa makanan ini, tapi wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia sangat menyukainya.
Bahan utama nasi goreng adalah nasi yang dimasak menggunakan bumbu seperti saus, kecap manis dan bawang. Biasanya ditambahi dengan sosis, telur, daging ayam untuk menambah cita rasa lebih terhadap makanan ini.

4. Soto

Siapa yang tidak pernah memakan soto? Soto adalah makanan khas Indonesia yang kaya akan rempah rempah. Soto dibagi beberapa jenis tergantung dari daerahnya seperti soto Lamongan yang khas dari Lamongan.
Cita rasa soto sangat disukai masyarakat karena rasa yang rasa yang sangat lezat dan kaya akan rempah rempah. Bahkan orang luar negeri pun suka dengan soto yang membuat makanan khas Indonesia yang satu ini menjadi salah satu makanan yang mendunia.

5. Bakso

Bakso makanan favorit dari semua kalangan baik kalangan menengah, bawah, maupun atas semua suka terhadap bakso karena rasanya yang menggugah selera apalagi disantap saat cuaca dingin atau hujan dengan kuah yang pedas.
Bakso salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia seperti sate ayam dan rendang. Salah satu orang terkenal di dunia seperti Barack Obama suka makan bakso saat dia berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu

6. Gado - Gado

Mungkin di luar negeri gado gado bisa disebut dengan salad karena hampir sama dengan komposisinya yang mengutamakan sayur sayuran. Gado -  menjadi makanan khas Indonesia yang mendunia karena rasanya yang digemari orang Indonesia maupun asing.
Komposisi gado -  hampir sama dengan salad yang terdiri dari wortel, sayur, telor, tahu dan yang terakhir krupuk serta sedikit sambel yang membuat gado - gado menjadi makin terkenal makanan khas Indonesia.

7. Gudeg

Gudeg adalah kuliner asli dari Indonesia yang mendunia. Makanan khas dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yugyakarta. Ciri khas dari gudeg adalah rasa khas manis yang diolah dengan santan dan nangka muda serta mempunyai warna coklat pekat.
Banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Yogyakarta menjadikan makanan ini rame diberbincangkan dunia karena rasanya. Apabila anda berkunjung ke Yogyakarta kurang pas apabila tidak mencicipi makanan khas ini.

Sebetulnya masih banyak lagi kuliner Indonesia yang terkenal di mata dunia yang belum terekspose. Apakah di daerahmu mempunyai makanan khas yang mendunia? Tulis di kolom komentar bawah ini

0 Response to "7 Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia"

Post a Comment